Bunda Cakes

From Bunda With Love
Hommade Cake & Chocolate
All products made by order only, so, fresh from my kitchen
Wanna try?? please call me:
-0852 108 65540
- email: tetyk@rocketmail.com
- pin by request
- address: East Jakarta
Don't miss it, thank you.


23 Januari 2009

Udang Balado Patai & Singkong Empuk

Udang balado patai ini sebelumnya dah pernah aku posting pada blogku sebelumnya di sini , kenapa aku posting lagi di sini? karena emang letak yang pas ya di sini, di dapurku he....he... . Udang balado patai ini adalah menu andalan keluargaku, resepnya dari ibuku, trus aku coba bikin deh, ternyata pada banyak yang suka, apalagi keluarga suamiku, so kalo ada acara seperti arisan keluarga, lebaran, nginap di villa, maka menu ini gak ketinggalan. Terakhir aku buat ini waktu liburan di Anyer Cottage tanggal 9-11 Januari 2009 kemarin. Bahan mentahnya bawa dari rumah, kemudian masaknya di sana, biar fresh gitu lohhh. Abang iparku yang minta dibikin ini, coz blio ini penggemar udang & patai (pete) he...he... .

Resep
Bahan
2 Kg Udang Jerbung
1/2 kg kentang dipotong kecil
1/2 kg pete kupas

Bumbu Balado
1/2 kg Cabe merah giling
8 siung bawang merah (pake bawang bombay juga ok)
2 siung bawang putih
1 buah tomat
Garam secukupnya
Tambah gula sedikit (sebagai penyedap)
Minyak sayur

Cara membuat
1. Goreng Udang sebentar aja (kalo kelamaan jadi agak keras), dilanjutkan dengan menggoreng kentang, terakhir pete (juga cuma sebentar asal masuk minyak aja). Kemudian sisihkan.

2. Tumis bawang merah dan bawang putih, kemudian masukkan cabe merah giling, setelah agak matang, masukkan irisan tomat, kemudian garam, lalu gula sedikit. Setelah matang, matikan kompor, masukkan udang dkk, aduk rata, letakkan di piring saji, hmmmmm siap dihajarrrr.


Nah kalo ini singkong empuk, kan enak tuw hujan gini makan gorengan homemade pula (minyaknya terjamin deh). Penasaran pengen bikin singkong yang empuk seperti dijual sama tukang gorengan itu tuw... . Trus pas beli gorengan iseng-iseng nanya sama abangnya,

Tety: Bang gimana siy caranya supaya singkongnya empuk?

Abang Gorengan : Singkong digoreng 2 X, jadi pertama digoreng 3/4 matang, setelah itu langsung dimasukkan ke air yang udah dikasih garam, nah kalo suka bawang putih, bisa ditambahkan bawang putih halus. Lama-lama kan jadi mekar tuw singkongnya, setelah itu dikeringkan dulu, baru deh digoreng lagi, maka hasilnya empuk banget.

Terus aku coba bikin deh di rumah, eh bener lohhh singkongnya empuuuk ajah, hebat niy si abang teorinya, apalagi kalo ditaburin keju wadawww makin mantabbb deh.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin