Bunda Cakes

From Bunda With Love
Hommade Cake & Chocolate
All products made by order only, so, fresh from my kitchen
Wanna try?? please call me:
-0852 108 65540
- email: tetyk@rocketmail.com
- pin by request
- address: East Jakarta
Don't miss it, thank you.


14 Juni 2010

Ebi Furay



Ohya dah mulai akhir tahun kemarin hingga saat ini, aku gak beliin vasya nugget lagi, karena nugget yang dijual di pasaran sepertinya banyak mengandung MSG. Lalu aku bikin hommade nugget, dan ada juga yang order setelah melihat postinganku mengenai nugget sebelumnya. Alhamdulillah vasya suka hommade nugget buatanku, begitu juga yang order. Selain kita bisa variasikan bahannya (seperti jamur, brokoli, dan keju) , dijamin tidak menggunakan MSG, dan tentu saja higienis, uenaaak, pastinya halal.

Naah supaya vasya gak bosen dengan nugget, maka aku mencoba buat variasi dengan frozen food lainnya seperti di hokben itu lhooo. Karena jujur aja aku tuw sukaaa sekali dengan makanan yang digoreng dengan tepung panko, selain tampilannya cantik dan menggiurkan (lebayyy), rasanya pun okeh (bosen enak mulu). Alhamdulilah vasya juga suka (gak tau deh beneran suka apa karena ksian sama bundanya dah bikin capek-capek hi..hi...).

Berikut resepnya, aku contek dari blognya mbak Rina Rinso http://ala-rinarinso.blogspot.com, tapi aku modifikasi pada bahan lapisannya, thx mbak atas sharingnya.

Nah ini resep Ebi Furay ala aku

Bahan
-Udang Jerubung, Pancet
-Jeruk Lemon
-Tepung terigu, air dan garam, aduk hingga kental (bahan pelapis)
-Tepung Panko warna Orange (supaya menarik aja)
-Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat
-Kupas kulit udang, sisakan ekornya
-Kasih perasan jeruk lemon dan garam, diamkan sebentar
-Kemudian siram dengan air, keringkan
-Masukkan ke bahan pelapis, kemudian balur dengan tepung panko dengan cara ditekan-tekan biar nempel (aku beli di Ps. Jatinegara)
-Setelah itu masukkan ke freezer, biasanya aku bikin malam, pas paginya digoreng untuk sarapan.

Tips Agar Udang tidak melingkar pas digoreng

Kenapa bayak yang mengeluhkan sewaktu bikin ebi furay ini kok udangnya gak bisa lurus?

Trus aku penasaran, lalu aku coba bikin si ebi furay ini. Di resep disebutkan belah punggung dan bagian dalam (perut udang). Sepertinya kalo hanya dengan membelah bagian dalamnya akan tetap melingkar deh udangnya pada saat digoreng. Hmm pasti ada yang membuatnya melingkar. Eh benar, pas aku perhatikan, di bagian dalamnya itu ada sejenis benang putih, nah benang putihnya ini aku tarik, trus dibuang.

Kemudian diluruskan (kembali ke jalan yang benar hi..hi..)

Setelah itu udang siap diolah.

Benar loh hasilnya pas digoreng, si udang luruss russ..., tuw lihat aja pic di atas.

Semoga bermanfaat ya.

Postingan ini sekalian promo bagi yang membutuhkan goodybag untuk ultah ataupun acara lainnya, aku menerima pemesanan bento for kids, pilihannya aneka frozen food ala hokben dengan packaging menarik tentunya, dimulai dari harga Rp. 10.000,-/pax.

Mengenai pilihan menu dapat didiskusikan, pokoknya terserah ke pemesan deh, tinggal kirim emai atau sms aja, ada di sidebar tuw, jangan ragu ya.

Ayoo berikan anak kita makanan yang sehat, higienis, halal dan uenaaak.

Tidak ada komentar:

LinkWithin

Blog Widget by LinkWithin